Jangan Abaikan 9 Gejala Kanker Paru-Paru, Kanker Plaing Umum Terjadi!




Kanker paru-paru adalah suatu kondisi dimana sel-sel tumbuh secara tidak terkendali di dalam paru-paru (organ yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke dalam darah saat menghirup napas dan membuang karbondioksida saat menghela napas). Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi.
Meskipun begitu, kanker paru-paru termasuk salah satu jenis kanker yang paling bisa dicegah. Kondisi ini kebanyakan diderita oleh para perokok aktif dan pasif. Pada tahap awal, tidak ada tanda atau gejala kanker paru-paru yang jelas. Tapi kemudian gejala seperti batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah, selalu merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan,dan penurunan berat badan akan muncul.
Kanker paru adalah penyakit yang diam-diam mematikan, serta merupakan jenis kanker dengan angka kematian tertinggi, yaitu 1.59 juta pada tahun 2012, menurut World Health Organization (WHO).
Salah satu penyebab angka kematian yang tinggi adalah akibat sulitnya mendiagnosis kanker paru secara dini. Sekitar 40% orang yang didiagnosis kanker paru, baru menerima diagnosis setelah penyakit telah berkembang. Dari 1/3 diagnosis, kanker telah mencapai stadium 3. Berikut adalah beberapa tanda-tanda peringatan dari kanker paru yang tidak boleh Anda abaikan.

Orang Yang Berisiko Terkena Kanker Paru-paru

 

Merokok bisa dikatakan sebagai penyebab utama kanker paru-paru. Orang yang paling berisiko terkena kanker paru-paru adalah perokok aktif. Sekitar 85 persen kanker paru-paru dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Meski begitu, bukan berarti setiap perokok akan terkena kanker paru-paru. Selain itu, orang yang tidak merokok juga berkemungkinan terserang kanker paru-paru, meski lebih rendah jumlahnya.
Selain rokok, beberapa penyebab kanker paru-paru lain adalah menghirup arsenik, radiasi, dan polusi udara. Kanker paru-paru juga lebih umum terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

1. Baik batuk kering atau menghasilkan lendir Anda tetap harus waspada, terlebih ketika batuknya tidak kunjung sembuh dalam waktu lama. Batuk memang sering berkaitan dengan flu atau infeksi, tapi ini akan hilang dalam satu atau dua minggu
2. Selain batuk yang tak kunjung sembuh, perubahan batuk yang terdengar lebih serak, batuk berlendir yang tidak biasa, atau bahkan batuk darah adalah pertanda yang harus Anda perhatikan.
3. Tiba-tiba sesak napas dan dengan cepat mudah bernapas juga kemungkinan gejala kanker paru-paru. Perubahan pernapasan dapat terjadi karena adanya blok dari kanker paru-paru atau menyempit jalan napas. Bisa juga dari cairan tumor paru yang terbentuk di dada.
4. Kanker paru-paru bisa menyebabkan nyeri di dada, bahu, atau punggung. Perasaan sakit ini mungkin juga tidak terkait dengan kondisi batuk yang Anda miliki.
5. Saat saluran udara menjadi sesak, tersumbat, atau meradang, ketika mengalami kanker paru. Suara napas yang dihasilkan juga seperti siulan atau mendesing.
6. Kanker paru juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tak dapat dijelaskan dan bobot badan turun secara signifikan.
7. Perubahan dari suara Anda ketika bicara adalah pertanda selanjutnya. Perubahan ini bisa dengan nada yang lebih berat atau serak.
8. Kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang bisa menimbulkan rasa sakit di punggung atau di area tubuh lainnya. Rasa sakit ini bisa memburuk pada malam hari saat beristirahat pada area punggung.
9. Sakit kepala bisa jadi pertanda bahwa kanker paru telah menyebar ke otak. Namun, tidak semua sakit kepala dikaitkan dengan metastase otak. Terkadang, tumor paru bisa menimbulkan tekanan pada vena cava superior yang menimbulkan rasa nyeri kepala.

Load comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel